Ka. BI MalukuAmbon, Senin 7 April 2014. Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Maluku, Wuryanto mengunjungi Balai Budidaya Laut (BBL) Ambon. Dalam kunjungannya ini Kepala BI Ambon didampingi oleh staffnya. Rombongan kepala BI Cabang Ambon diterima oleh Kepala BBL Ambon, Nono Hartanto diruang kerjanya.

Menurut Wuryanto kunjungan ke BBL Ambon bertujuan untuk silaturahim dan melihat secara langsung perkembangan pembenihan dan pembesaran ikan laut baik yang konsumsi seperti ikan kerapu maupun ikan hias seperti clown fish dan lain-lain. Lebih lanjut disampaikan oleh Wuryanto bahwa kunjungan ini merupakan tindak lanjut dari rencana BI untuk membentuk Desa atau Kampung Nelayan di Kota Ambon. sebagaimana diketahui berdasarkan Focus Group Discussion (FGD) yang dilakukan oleh BI dengan instansi terkait termasuk BBL Ambon pada tanggal 14 dan 28 Maret 2014 telah di pilih 7 Desa yang akan disurvey untuk dijadikan desa nelayan binaan BI Perwakilan Provinsi Maluku. 7 desa tersebut untuk perikanan tangkap adalah Desa Tulehu, Seri, Rutong, Laha dan Hukurila sedangkan untuk perikanan budidaya adalah Desa Waiheru dan Hunuth Durian Patah.

Kepala BI MalukuMenanggapi rencana BI tersebut Kepala BBL Ambon Nono Hartanto menyatakan bahwa sebagai instansi pemerintah yang bergerak di teknis budidaya laut BBL Ambon akan siap bersinergi dan membantu realisasi desa/kampong nelayan tersebut. Lebih lanjut dinyatakan oleh Nono Hartanto bahwa sebagai wujud sinergi tersebut BBL Ambon akan mengalokasikan staff teknis sebagai tenaga pendamping pada desa/kampung nelayan nanti.

Sebelum mengakhiri kunjungan di BBL Ambon Kepala Perwakilan BI Provinsi Maluku dan rombongan meninjau lokasi pembenihan dan pendederan ikan kerapu dan ikan hias.