Menurut Kordinator fungsional Balai Perikanan Budidaya Laut (BPBL) Ambon, Hariyano, M.Si bahwa pada hajatan Indo Aqua 2014 BPBL Ambon berhasil meloloskan 9 judul makalah yang akan dipresentasikan. Kepastian lolosnya 9 judul makalah ini diperoleh berdasarkan pengumuman hasil seleksi materi seminar Indo Aqua 2014 oleh panitia tanggal 25 Juli 2014. Judul makalah yang lolos seleksi tersebut antara lain ; 1. Produksi Benih Ikan Hias Banggai Cardinalfish (Pterapogon kauderni) di Keramba Jaring Apung, 2. Produksi Ikan Hias Nemo Hybrid Varian Blck Photon Skala Rumah Tangga, 3. Penggunaan Kelinci Laut (Dolabella auricularia) Pada Pembesaran Ikan Nemo (Amphyprion sp) di Keramba Jaring Apung, 4. Pemanfaatan Telur Ikan Kerapu Infertil Pada Pembesaran Ikan Hias Laut, 5. Peningkatan Kualitas Telur Ikan Mandarin (Synchiropus splendidus) Dengan Pola Rasio Kelamin Yang Berbeda, 6. Pertumbuhan dan Kelangsungan Hidup Larva Ikan Kerapu Bebek (Cromileptis altivelis) Pada Clearing Water System Melalui Teknik Kombinasi Pengayaan Yang Berbeda, 7. Meningkatkan Produksi Kerapu Dengan Stimulus Double Vaksin, 8. Optimalisasi Pemanfaatan Pakan Rucah (Zero Waste) Pada Pembesaran Ikan Bubara (Caranx sexfasciatus) di Spot Area Budidaya Dusun Wael Kawasan Minapolitan, dan 9. Pengaruh Hormon rGH Pada Pembesaran Ikan Bubara (Caranx sp) di Keramba Jaring Apung.
Lebih lanjut disampaikan oleh Hariyano bahwa dilihat daripada katagori makalah Indo Aqua 2014 ini, judul makalah dengan katagori ikan hias yang terbanyak meloloskan makalahnya. Bahkan bila dibandingkan judul makalah ikan hias laut dari berbagai UPT yang ada dilingkungan Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya, judul makalah ikan hias laut dari BPBL Ambon termasuk yang terbanyak meloloskan makalahnya. Menurut Hariyano ini merupakan suatu kepercayaan dan apresiasi yang besar dari panitia Indo Aqua 2014 terhadap kreativitas dan inovasi perekayasa yang ada di BPBL Ambon dalam mengembangkan ikan hias laut di Indonesia.
Harapannya hal ini menjadi penyemangat dan pendorong kepada perekayasa yang ada di BPBL Ambon untuk lebih meningkatkan karya kreatifnya dalam upaya mengembangkan dan mendayagunakan ikan hias laut di Indonesia.