Ikan memerlukan nutrisi yang cukup untuk pertumbuhan dan kelangsungan hidupnya. Oleh karena itu pakan yang diberikan harus mengandung kadar nutrisi yang memadai baik dalam jumlah dan kandungan nutrisinya. Pakan tidak hanya berfungsi sebagai sumber energi bagi pertumbuhan (Afrianto dan Liviawaty, 2005), karena banyak fungsi lain dari pakan bagi ikan, diantaranya adalah pengobatan, pembentukan warna tubuh, peningkatan cita rasa, reproduksi dan perbaikan metabolisme lemak. Pakan yang dibutuhkan oleh ikan sangat bervariasi tergantung dari spesies, umur, ukuran, jenis kelamin, kondisi tubuh ikan dan kondisi lingkungan.
Induk ikan mandarin memanfaatkan pakan untuk reproduksi. Salah satu aspek penting dalam reproduksi yaitu produksi telur fertile agar dapat menghasilkan larva dengan pertumbuhan dan sintasan yang tinggi. Pada ikan teleostei, beberapa faktor seperti rasio pakan, tingkatan nutrisi, dan komposisi, telah diketahui berpengaruh terhadap berbagai macam parameter reproduksi seperti perkembangan gonad, kualitas dan kuantitas telur, keberhasilan pemijahan, daya tetas telur dan kualitas larva. Dengan demikian, Jenis dan kandungan nutrisi pakan yang diberikan kepada induk dapat berpengaruh terhadap telur yang dihasilkan
Secara umum, pakan yang diberikan kepada ikan budidaya adalah pakan buatan (pellet) dan pakan Hidup. Induk ikan mandarin terbiasa mengkonsumsi pakan hidup artemia dewasa, tetapi ketersediaannya sangat terbatas karena harus dibudidayakan terlebih dahulu serta memiliki resiko kematian, sehingga ketersediaannya (jumlah dan kesinambungan) tidak memenuhi kebutuhan pemeliharaan induk secara maksimal. Oleh karena itu, diupayakan untuk menggunakan pakan alternatif lain yang dapat menggantikan penggunaan pakan hidup sehingga kerugian dan ketergantungan terhadap penggunaan pakan hidup untuk pemeliharaan induk ikan mandarin dapat diminimalkan.
Pakan buatan adalah campuran dari berbagai bahan pangan baik nabati maupun hewani yang diolah sedemikian rupa sehingga mudah dimakan dan sekaligus merupakan sumber nutrisi bagi ikan sehingga pakan buatan diberikan untuk dapat meningkatkan produksi ikan. Pakan buatan khusus untuk induk ikan mandarin sampai saat ini belum tersedia, oleh karena itu dilakukan uji coba pemeliharaan induk ikan mandarin dengan menggunakan pakan buatan komersial yang lebih mudah dalam penyediaannya, tersedia secara berkesinambungan, untuk mengetahui pengaruhnya terhadap pemijahan induk ikan mandarin.

 

Selengkapnya download pada bagian ini