Oleh Rusli Raiba

Balai Perikanan Budidaya Laut Ambon

Jl. Laksdya Leo Wattimena- Waiheru Ambon Maluku 97232 Telp./Fax 0911-362047

Rumput laut merupakan salah satu komoditas andalan yang mempunyai nilai ekonomis tinggi, teknologi budidaya sangat sederhana, mudah dikembangkan dengan periode pemeliharaan yang relatif singkat, kebutuhan modal baik untuk investasi maupun biaya operasional kecil, dan yang paling penting adalah dapat dikembangkan sebagai usaha budidaya bagi masyarakat pesisir untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pengembangan usaha budidaya rumput laut mempunyai prospek yang cukup baik, mengingat tingginya permintaan rumput laut baik untuk kebutuhan industri dalam negeri maupun untuk memenuhi permintaan terhadap bahan baku ekspor, serta potensi lahan budidaya rumput laut masih tersedia cukup luas.

Dalam makalah budidaya rumput laut ini dijelaskan aspek-aspek biologi, pemilihan lokasi, sarana dan prasarana budidaya, penentuan musim tanam, seleksi bibit, pemeliharaan rumput laut, metode budidaya, pengendalian dan pencegahan hama penyakit, penanganan hasil panen dan olahan serta analisa usaha budidaya rumput laut.

Ada beberapa metode yang digunakan dalam budidaya rumput laut, setiap metode mempuyai kelemahan dan kelebihan, penggunaan metode dapat disesuaikan dengan keadaan lokasi perairan yang hendak ditanam sehingga dapat memaksimalkan produksi budidaya rumput laut itu sendiri.

Untuk memantau pertumbuhan rumput laut yang dipelihara sebaiknya pembudidaya melakukan pengontrolan atau monitoring terhadap lingkungan perairan meliputi sifat hidrologis, sifat biologis serta monitoring pertumbuhan rumput laut. Perubahan lingkungan seperti menurunnya salinitas, meningkatnya suhu perairan, lemahnya arus serta tingginya bahan organik memicu terjadinya stress pada rumput laut, sehingga menyebabkan timbulnya serangan penyakit pada budidaya rumput laut, untuk itu perlu monitoring lingkungan dilakukan dengan cermat dan tepat

Panen merupakan tahap akhir dari suatu kegiatan budidaya, karena itu panen harus dilaksanakan dengan mempertimbangkan cara dan waktu yang tepat agar diperoleh hasil yang dapat memenuhi permintaan pasar secara kuantitas dan kualitas.

Penanganan hasil panen harus dilakukan segera setelah rumput laut diangkat dari lokasi budidaya karena bila dalam keadaan basah dan tertumpuk mudah mengalami pembusukan.

 

Selengkapnya download pada bagian ini