Telur Ikan Kerapu2Balai Perikanan Budidaya Laut (BPBL) Ambon telah berhasil memproduksi telur ikan kerapu dengan jumlah yang sangat melimpah. Jenis telur ikan kerapu yang telah diproduksi tersebut antara lain telur kerapu bebek (Cromileptes altivelis), kerapu macan (Epinephelus fuscogutattus) dan kerapu sunu (Plectropomus leopardus). Produksi telur ikan kerapu rata-rata perbulan di BPBL Ambon adalah 168 juta butir dengan rincian ikan kerapu bebek 16 juta butir, kerapu macan 128 juta butir dan kerapu sunu 24 juta butir. Sebagaimana diketahui bahwa produksi telur ikan kerapu di BPBL Ambon ini berlangsung kontinyu setiap bulan dan dengan kualitas telur terbaik di Indonesia. Sampai saat ini telur ikan kerapu produksi BPBL Ambon ini telah digunakan oleh berbagai unit pembenihan ikan kerapu di seluruh Indonesia baik milik pemerintah maupun swasta. Diantara unit pembenihan yang menggunakan telur ikan kerapu produksi BBL Ambon adalah Balai Besar Pengembangan Budidaya Laut Lampung, Balai Besar Riset Perikanan Budidaya Gondol Bali, Balai Budidaya Air Payau Situbondo Jawa Timur, Balai Budidaya Air Payau Takalar Sulawesi Selatan, Balai Budidaya Laut Batam, Instalasi Hatchery Dinas Kelautan dan Perikanan Raja Ampat Papua Barat, Unit Pembenihan Daerah Kabupaten Halmahera Utara dan Balai Budidaya Laut Lombok NTB, sedangkan perusahaan swasta diantaranya adalah PT. Avona Mina Lestari Kaimana Papua Barat, perusahan pembenihan Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, pengusaha pembenihan ikan kerapu Provinsi DKI Jakarta, Pangkal Pinang Babel, Padang Sumbar, Kendari, Manado, Palu, Mataram NTB dan Kupang NTT.
Sangat disayangkan meskipun telah banyak unit pembenihan lain telah menggunakan produksi telur ikan kerapu BPBL Ambon, namun masyarakat Ambon khususnya dan Maluku pada umumnya belum memanfaatkan produksi telur ikan kerapu BPBL Ambon secara optimal padahal di beberapa daerah lain di Indonesia seperti daerah Situbondo Jawa Timur dan Gondol Bali masyarakat dan pemerintah setempat telah mengoptimalkan produksi telur ikan kerapu ini dengan mengembangkan pembenihan skala rumah tangga. Sebagaimana diketahui dengan adanya pembenihan skala rumah tangga ini telah menggerakan roda ekonomi kedua daerah tersebut.
Sampai saat ini kelebihan produksi telur ikan kerapu BPBL Ambon rata-rata sebanyak 50-60 juta butir per bulan di restocking di perairan Teluk Ambon Dalam. Oleh karena itu diharapkan agar Pemerintah Daerah baik Kota Ambon dan Provinsi Maluku dapat memanfaatkan produksi telur ikan kerapu ini guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menunjang Provinsi Maluku sebagai Lumbung Ikan Nasional.