Program Industrialisasi Perikanan telah dicanangkan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan sejak tahun 2012. Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya (DJPB) satu diantara beberapa Direktorat Jenderal yang ada dalam Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), punya tanggung jawab besar untuk menPeserta Magang Plus2dukung keberhasilan program tersebut, salah satu permasalahan yang perlu dibenahi adalah perikanan sektor hulu ke hilir, di sektor hilir yang terdiri dari para stake holder, yang paling memerlukan pembenahan adalah para pembudidaya kecil. Beberapa permasalahan yang ada pada pembudidaya kecil adalah rendahnya kapabilatas dan kapasitas.

Untuk mengatasi masalah tersebut Balai Perikanan Budidaya Laut (BPBL) Ambon Menggulirkan Program Magang Plus atau Usaha Individu Mandiri. Menurut Kepala BPBL Ambon, Nono Hartanto, M.Aq bahwa dalam program ini BPBL Ambon akan menyediakan semua kebutuhan untuk usaha budidaya laut dalam hal ini pada tahap awal program magang plus ini akan difokuskan pada usaha pembenihan ikan laut seperti pembenihan ikan kerapu dan ikan hias laut. Bagi orang atau kelompok yang berminat untuk mengikuti program magang plus ini bisa datang mendaftar di bagian pelayanan teknis BPBL Ambon. Selanjutnya bila telah mendaftar calon peserta magang plus akan diberikan sosialisasi dan pembekalan tentang kegiatan pembenihan ikan laut. Seterusnya peserta magang plus akan melakukan/menangani sendiri usaha pembenihan di lapangan. BPBL Ambon menyediakan semua fasilitas dan kebutuhan usaha pembenihan. Seperti fasilitas bak penetasan telur dan pemeliharaan larva ikan, telur ikan dan lain-lain. dengan kata lain peserta magang, hanya datang untuk siap kerja budidaya, dan jika berhasil, maka peserta magang akan menerima bagian dari usaha yang dikerjakannya, dengan demikian orang akan merasakan langsung hasil yang dikerjakan. Perhitungan hasil usaha yang akan diperoleh peserta magang adalah hasil penjualan benih ikan yang dipelihara, dikurangi biaya operasional pembenihan.
Diharapkan program magang plus BPBL Ambon ini mendapat sambutan dari masyarakat. BPBL Ambon sangat yakin program magang plus akan sangat menuntungkan bahkan dapat dikatakanĀ  program magang plus ini mempunyai keuntungan ganda. Disatu sisi peserta magang mendapat ilmu tentang pembenihan ikan di sisi yang lain memperoleh tambahan penghasilan. Diharapkan program ini dapat mempercepat peningkatkan kapasitas dan kapabilitas peserta magang, memupuk rasa tanggung jawab peserta terhadap pekerjaan yang diamanahkan kepadanya dan Menciptakan wirausaha mandiri bidang perikanan.