Ambon. Dengan mengambil tema “Kurbanku Bahagiakan Sesama” keluarga besar Balai Perikanan Budidaya Rayakan Idul Adha 1435 H/ 2014 M yang jatuh pada tanggal 5 Oktober 2013 M /10 Zulhijah 1435 H. Rayakan idul adha tahun ini BPBL Ambon melakukan penyembelihan hewan kurban 5 ekor sapi. Menurut pengurus mushollah Nurul Islah sekaligus ketua panitia Kurban BPBL Ambon Rusli Raiba, bahwa hewan kurban itu merupakan kurban dari pegawai muslim di lingkungan BBL Ambon. Rusli Raiba menjelaskan pegawai di BPBL Ambon bisa ikut serta berkurban, karena setiap bulan mereka berlakukan iuran atau cicilan yang sudah ditetapkan atau disepakati bersama.
Selanjutnya disebutkan bahwa perolehan jumlah hewan kurban tahun ini menurun dari tahun sebelumnya. Jika pada tahun 1434 H / 2014 M lalu ada 6 ekor sapi dipotong, kini turun menjadi menjadi 5 ekor sapi. Penurunan jumlah hewan kurban ini menurut Rusli Raiba karena adanya penurunan jumlah pegawai yang berkurban. Jumlah pegawai BPBL Ambon dimana tahun 2013 M/1434 H ada 42 orang pegawai yang berkurban, turun menjadi hanya 33 orang. Penurunan ini terjadi karena ada pegawai yang meninggal dunia dan mutasi keluar dari BPBL Ambon.

 

Rusli menyampaikan bahwa dari total 5 ekor sapi tersebut 3 ekor akan disembelih langsung di lokasi BBL Ambon dan 2 ekor lainnya disebar penyembelihannya di masyarakat. Sebagaimana diketahui sesuai dengan proposal kurban dari masyarakat yang masuk ke BBL Ambon ada 2 lokasi yang mendapat kurban dari BBL Ambon yakni Masjid Baiturahaman Desa Hunuth Kecamatan Teluk Ambon Kota Ambon dan Masjid Cokro Aminoto Desa Waiheru Kecamatan Baguala Kota Ambon.

 

Pada kesempatan yang lain Kasie Standarisasi dan informasi BBL Ambon, Heru Salamet, M.Si mewakili Kepala BPBL Ambon mengharapkan dengan adanya kegiatan penyembelihan hewan kurban pada hari raya idul adha 1435 H ini, dapat meningkatkan ketakwaan dan keimanan keluarga besar BPBL Ambon terhadap perintah agama, menumbuhkan dan memperkuat rasa persaudaraan baik di internal keluarga besar BPBL Ambon maupun keluarga besar BPBL Ambon dengan masyarakat pada umumnya. Heru Salamet juga mengharapkan agar di tahun-tahun mendatang jumlah hewan kurban keluarga besar BPBL Ambon semakin meningkat.