Ambon. Rumput Laut merupakan salah satu komoditas unggulan yang telah ditetapkan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI. Komoditas rumput laut dipilih karena mempunyai peluang pasar ekspor yang “tidak terbatas”, dengan didukung potensi sumberdaya lahan yang besar dan mudah dibudidayakkelompok rlan. Di samping itu, pengembangan usaha budidaya Rumput Laut dapat memberikan konstribusi dalam mengurangi pengangguran (pro-job), mengentaskan kemiskinan (propoor), dan pertumbuhan ekonomi (pro-growth). Mendukung program pemerintah tersebut Balai Perikanan Budidaya Laut (BPBL) Ambon pada tahun 2015 mengembangkan budidaya rumput laut di wilayah kerjanya dalam bentuk Demfarm Desa Mitra.

 

Program pengembangan rumput laut oleh BPBL Ambon ini diluncurkan melalui program Demfarm rumput laut. Menurut Rusli Raiba, anggota tim diseminasi rumput laut BPBL Ambon bahwa program Demfarm rumput laut ini dilakukan dengan konsep Desa Mitra dan Kelompok Mitra. Dalam realisasinya konsep ini melalui beberapa tahapan pelaksanaan antara lain; 1. Survey Kelayakan Wilayah atau lokasi, tahapan ini dilakukan untuk mendapatkan lokasi yang sesuai dan tepat untuk mengembangkan rumput laut, 2. Seleksi Calon Mitra, pada tahapan ini calon mitra baik itu desa maupun kelompok akan diseleksi berdasarkan kriteria yang telah ditentukan, 3 Temu keakraban, Pada tahapan ini pihak BPBL Ambon bertemu dengan desa mitra dan seluruh anggota kelompok mitra, 4. Distribusi Saprodi budidaya rumput laut, 5. Pendampingan intensif, pendampingan intensif dilakukan oleh staf teknis dan penyuluh BPBL Ambon dimana pendampingan intensif dilakukan untuk transfer teknologi budidaya rumput laut dan bimbingan penguatan manajamen kelompok, 6. Monitoring dan Evaluasi, tahapan ini dilakukan untuk memastikan bahwa seluruh tahapan kegiatan berjalan dengan baik dan bila dari hasil evaluasi ini mendapatkan hasil yang positif maka desa mitra dan kelompok mitra tersebut dapat direkomendasikan untuk dikembangkan lebih lanjut sebagai sasaran pengembangan rumput laut.

 

Lebih lanjut disampaikan oleh Rusli Raiba bahwa diharapkan program demfarm rumput laut melalui konsep desa mitra dan kelompok mitra ini membantu desa mengembangkan potensi yang ada di desanya, mempercepat akselarasi pengembangan ekonomi pedesaan, mempercepat adopsi teknologi budidaya rumput laut oleh masyarakat di wilayah kerja dan meningkatkan stock produksi rumput laut nasional. Hal ini dapat terlihat nanti dengan dilakukan panen raya rumput laut di desa mitra.