Ambon. menyikapi pelantikan pejabat eselon IV dalam nomenklatur baru di lingkup Balai Budidaya Perikanan Laut (BPBL) Ambon yang dilaksanakan beberapa waktu kepala BPBL Ambon, Nono Hartanto, M.Aq menyerukan kepada pejabat yang telah dilantik dan seluruh jajaran BPBL Ambon agar menjadikannya sebagai momentum perubahan. Hal ini disampaikan oleh Nono Hartanto pada saat memimpin apel besar BPBL Ambon, Senin 17 November 2014 bertempat di lapangan upacara BPBL Ambon.

 

Lebih lanjut disampaikan oleh Nono Hartanto bahwa pemimpin sekarang adalah orang yang diharapkan mampu membawa perubahan bagi institusi atau bagian yang dipimpinnya. Perubahan bukan berarti merubah total namun bagaimana memberikan terobosan baru, peningkatan dari pola lama kepada pola baru, memberikan nilai tambah yang lebih ekonomis, efisien atau melakukan modifikasi dengan hasil yang lebih menguntungkan. Oleh karena itu pimpinan sekarang wajib menjadi agen perubahan (Agent of Change). Dimana seluruh level manajemen harus memiliki kompetensi sebagai agen perubahan.

Menurut Nono Hartanto sebagai seorang pemimpin paling terdapat 5 peran yang dapat dilakukan;

  1. Sebagai Katalisator adalah peran untuk meyakinkan pegawai tentang pentingnya perubahan menuju kea rah yang lebih baik; sehingga memiliki visi yang jelas dalam divisinya dan memastikan bahwa orang-orang bergerak maju.
  2. Pemberi Solusi adalah peran sebagai pemberi alternative solusi (solution maker) kepada pegawai yang mengalami kendala bukan sebaliknya sebagai pencipta masalah baru (trouble maker) sehingga pemimpin perlu mengetahui pentingnya hubungan emosional dalam kelompoknya.
  3. Sebagai mediator adalah peran dalam membantu melancarkan proses perubahan. Agen perubahan adalah pemimpin yang memiliki karakter, integritas, kredibilitas, pengalaman dan pengetahuan dalam strategi melancarkan proses perubahan.
  4. Sebagai Penghubung adalah peran dalam menghubungkan pegawai dengan pembuat kebijakan. Pemimpin sebagai agen perubahan dapat membangun hubungan yang kuat atas dasar kepercayaan. Kepercayaan dapat tumbuh ketika kita melakukan kejujuran dan kebenaran.
  5. Sebagai Role model, adalah peran sebagai contoh atau teladan, baik dalam prestasi kerjanya maupun perilakunya. Pemimpin harus mampu memberdayakan dan membawa orang lain untuk menjadi agen perubahan baru selaras dengan budaya kepemimpinan yang sekarang.