KKPNews-Batam. ​Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan akan membangun Sentra Perikanan Terintegrasi di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau. Hal ini disampaikannya saat menjadi pembicara pada Konvensi Media Massa dalam rangka Hari Pers Nasional di Batam, Kepulauan Riau, Sabtu (7/2).

​Terkait hal ini Menteri Susi ingin Kabupaten Natuna jadi pusat perikanan yang nantinya semua pembeli ikan dalam dan luar negeri akan pergi ke Natuna. “Bukan jadi tempat 1928 kapal Vietnam yang minta ijin perlindungan. Nah itu sudah tidak boleh lagi di Natuna, pak”, kata Susi.

Menurutnya, ​selama ini Perairan Natuna menjadi tempat pencurian ikan terbesar oleh nelayan asin. Sehibgga pemerintah ingin mengubahnya dan menjadikan Natuna sebagai sentra perikanan.​”Saya tidak mau lagi melihat kapal-kapal ikan asing berada di Indonesia. Itu moral hazard,” ujarnya.

​Untuk mempercepat pembangunanya, KKP menggelontorkan anggaran yang cukup besar. “Kita akan mengguyur Natuna 200 sampai 300 miliar (red. rupiah) pak”, ungkap Susi.

​Hal ini disambut baik oleh Gubernur Kepulauan Riau HM Sani. Sani mengatakan, pengembangan Natuna menjadi sentra perikanan memang sudah lama diimpikan olehnya dan masyarakat Natuna. Melihat dari segi wilayah Natuna yang 96 persennya adalah laut, dan berada paling ujung dekat dengan beberapa negara tetangga.

 

Sumber : www.kkp.go.id