Jakarta. Komisi IV DPR RI telah menyetujui Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara Perubahan (RAPBN-P) Tahun 2015 Kementerian Kelautan dan Perikanan sebesar Rp 10,59 triliun, di Jakarta, Kamis siang (12/02).

Ketua Komisi IV DPR RI Edhi Prabowo menyatakan bahwa Komisi IV telah bersepakat untuk menyetujui usulan anggaran yang diajukan oleh KKP. “Berdasarkan hasil pembahasan, Komisi IV DPR menyetujui anggaran perubahan Kementerian Kelautan dan Perikanan,” ungkap Edhi Prabowo.

Ada beberapa fokus utama program dari KKP tahun 2015. Pertama, dukungan manajemen dan pelaksanaan tugas teknis sebesar Rp 398 miliar. Kedua, pengawasan dan peningkatan akuntabilitas aparatur sebesar Rp 73 miliar. Ketiga, pengembangan dan pengelolaan perikanan tangkap sebesar Rp 2,6 triliun.

Kemudian, pengelolaan sumber daya perikanan budidaya sebesar Rp 1,3 triliun. Kelima, pengawasan pemanfaatan sumber daya kelautan dan perikanan sebesar Rp 1,5 triliun. Keenam, peningkatan daya saing usaha dan produk kelautan dan perikanan sebesar Rp 1 triliun. Ketujuh, pengelolaan sumber daya laut pesisir, dan pulau pulau kecil sebesar Rp 1,3 triliun.

Kedelapan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kelautan dan perikanan sebesar Rp 762 miliar. Kesembilan, pengembangan sumber daya manusia kelautan dan perikanan sebesar Rp 900 miliar dan pengembangan karantina ikan, pengendalian mutu, dan keamanan hasil perikanan Rp 491 miliar.

Menteri Susi menyampaikan agar semua pihak mendukung semua program dan kebijakan yang ada di KKP untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan dan demi mewujudkan sumber daya alam yang berkelanjutan.

 

Sumber : www.kkp.go.id