JAKARTA. Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengimbau stakeholders untuk fokus pada pembangunan ekonomi berbasis kelautan (ocean based resource), serta memanfaatkan fungsi laut secara bijaksana sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Tengah dan Gorontalo.

“Dalam Sail Tomini, tak hanya membangun bidang kelautan di Sulawesi Tengah, tetapi juga bagi daerah di sekitar Teluk Tomini seperti Gorontalo dan Sulawesi Utara,” ujar Susi, Selasa (5/5), pada launching Sail Tomini dan Festival Boalemo 2015 di Epicentrum Walk-Jakarta.

Selain itu, Susi juga meminta kepada Gubernur Sulawesi Tengah, Gubernur Sulawesi Utara, dan Gubernur Gorontalo, untuk menciptakan kawasan Teluk Tomini yang bersih, produktif, lestari dan bebas dari degradasi lingkungan harus dapat mengendalikan dan menghentikan aktifitas yang merusak lingkungan di kawasan tersebut.

“Saya juga minta untuk melakukan pemulihan terhadap lingkungan dan sumber daya kelautan yang telah rusak di Teluk Tomini, dengan melibatkan masyarakat dan pengusaha,” lanjut Susi.

Susi yang juga menjadi Ketua Panitia Pelaksana Tingkat Pusat Sail Tomini 2015 menjelaskan, pelaksanaan Sail Tomini merupakan kegiatan yang sangat penting bagi pembangunan bidang kelautan di Indonesia, karena selalu memformulasikan kegiatan pembangunan yang berbasis kemaritiman dengan aktifitas pelayaran.