Ambon, Kepala Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia Kementerian Kelautan dan Perikanan, DR. Suseno Sukoyono pada Senin, 8 Juni 2015 memberikan pembekalan kepada seluruh pegawai Balai Perikanan Budidaya Laut (BPBL) Ambon di Aula BPBL Ambon.

Pada acara pembeKa badan SDM KKP Foto bersama PNS BPBL Ambonkalan tersebut Suseno Sukoyono menyampaikan bahwa pada saat sekarang ini kita sudah menghadapi era globalisasi yang berdampak pada adanya perubahan yang sangat cepat. Dampak globalisasi tersebut menghadirkan permasalahan baru kepada kita. Sebagai contoh adanya perubahan tersebut misalnya penjenjangan karier di birokrasi pemerintahan dimana sebelumnya penjejangan karier di birokrasi bersifat tertutup dimana kalau seorang PNS diangkat sebagai pejabat dieselon tertentu maka penentuannya hanya diinternal instansi yang bersangkutan. Berbeda dengan hal itu sekarang sesuai dengan Undang-Undang Aparatur Sipil Negara tahun 2014 maka setiap promosi jabatan akan dilakukan secara terbuka melalui pelelangan jabatan. Lebih lanjut Suseno Sukoyono menyampaikan bahwa jalan keluar untuk menghadapi setiap permasalahan karena adanya perubahan yang demikian cepat ada didalam diri kita sendiri. Karena yang bisa menolong kita untuk keluar dari setiap permasalahan adalah diri kita sendiri bukan orang lain. Sehingga sebagai PNS kita dituntut untuk meningkatkan kapasitas, kompetensi dan profesional kita masing-masing.

Suseno Sukoyono menambahkan bahwa Perikanan Budidaya Laut dimasa depan berperan sangat vital dan akan menjadi tulang punggung perikanan nasional. Menutup pembekalannya Suseno Sukoyono menyatakan bahwa dengan potensi sumberdaya manusia yang ada dan potensi sumberdaya alam perairan Indonesia Timur yang exelen maka diharapkan BPBL Ambon dapat mengukir prestasi hebat dibidang perikanan budidaya baik di level nasional bahkan internasional.