Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mencanangkan ekspedisi penanaman sejuta terumbu karang melalui konferensi video secara langsung dari Istana Negara Jakarta, Sabtu (15/8).

Penanaman atau tranplantasi diakukan secara serentak di beberapa titik di Indonesia. Diantaranya, Pantai Gapang di Sabang, Aceh, lalu Pantai Malalayang di Manado, Sulawesi Utara, serta Pantai Tapal Kuda di Ambon, Maluku.

Setidaknya ribuan penyelam baik dari kalangan marinir dan masyarakat sekitar terlibat dalam ekspedisi penyelamatan terumbu karang bertema “Save Our Littoral Life” ini. Acara terselenggara atas kerjasama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dengan Koprs Marinir TNI.

Di Sabang, kegiatan ini dihadiri oleh Direktur Konservasi Kawasan dan Jenis Ikan Agus Darmawan yang mewakili Menteri Kelautan dan Perikanan. Turut hadir Kepala Dinas Pariwisata yang mewakili Gubernur Aceh, Panglima Komandan Pasukan Marinir, Komando Armada Angkatan Barat, Polda Aceh dan Polres Sabang. Sebanyak 200 penyelam dari berbagai kalangan meramaikan aksi penanaman terumbu karang yang dipusatkan di Pantai Gapang, Sabang, Provinsi Aceh.

Selain aksi tanam sejuta karang, aneka kegiatan lain juga digelar untuk sosialisasi peduli alam dan terumbu karang yang dilakukan oleh Korps Marinir Indonesia, di antaranya pengenalan potensi bahari kepada masyarakat dan kegiatan bersih-bersih pantai.

“KKP berharap penanaman terumbu karang mampu menyelamatkan potensi kekayaan laut Indonesia melalui upaya melindungi, melestarikan dan memanfaatkan sumberdaya terumbu karang,” ujar Agus.

Kegiatan perikanan yang merusak seperti penggunaan bom, potassium dan pencemaran sampah sangat mengganggu pertumbuhan terumbu karang. Maka dengan kondisi tersebut, upaya pengelolaan ruang laut dengan prinsip pengelolaan berbasis konservasi sangat diperlukan untuk mengukuhkan kedaulatan atas keanekaragaman dan kekayaan laut Indonesia.

Menurut Panglima Armada Barat Lakasama Muda Taufiqurahman, penanaman terumbu karang ini merupakan model pembangunan dan pengelolaan bawah laut dan diharapkan semua pihak dapat menjaga kelestariannya.

Sementara itu, Komandan Pasukan Marinir, Kolonel Hasanuddin, mengatakan bahwa kegiatan bersih pantai yang dilakukan di Pantai Gapang, Sabang juga melibatkan pelajar dan mahasiswa. “Ini bertujuan juga untuk mendekatkan generasi muda kepada alam khususnya laut, agar tumbuh kesadaran sejak dini yang lebih tinggi untuk cinta kepada alam dan khusunya lagi bisa menjadi bagian dari konservasi laut,” ujarnya.

Sumber : kkp.go.id