Ambon, Balai Perikanan Budidaya Laut (BPBL) Ambon sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan memiliki tugas melakukan upaya peningkatan kapasitas produksi budidaya, dan hal tersebut menjadi sesuatu yang sangat penting mengingat kebutuhan ikan pada saat ini memiliki trend meningkat setiap tahunnya. Seiring dengan peningkatan tersebut kegiatan budidaya perikanan akan semakin berkembang, perkembangan tersebut harus diiringi dengan system tata kelola kegiatan yang baik dimulai dari pra sampai pasca produksi sehingga keamanan produk yang dihasilkan dapat terjaga secara optimal. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memberi dan menerapkan inputan teknologi budidaya anjuran, seperti CPIB dan CBIB yang sangat diperlukan guna menjaga kualitas komoditas budidaya yang dihasilkan.

Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh Balai Perikanan Budidaya Laut Ambon (BPBL) pada tahun 2015 adalah program percontohan kawasan perikanan budidaya (demfarm). Kegiatan percontohan (demfarm) dilaksanakan di 3 (tiga) lokasi yakni kegiatan kawasan percontohan ikan konsumsi di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), kegiatan kawasan percontohan rumput laut kultur jaringan di Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara, serta kegiatan kawasan percontohan ikan konsumsi, ikan hias dan Hatchery Skala Rumah Tangga (HSRT) di Kota Ambon. Kegiatan Percontohan (demfarm) dilaksanakan oleh pokdakan (Kelompok Pembudidaya Ikan) binaan BPBL Ambon, dimana sebagai pelaksana percontohan kegiatan budidaya ikan yang dilaksanakan mengacu pada standar prosedur yang telah ditetapkan.

Pada tanggal 2 Desember 2015 Balai Perikanan Budidaya laut Ambon melaksanakan kegiatan temu lapang program percontohan kawasan perikanan budidaya. Kegiatan ini merupakan suatu rangkaian kegiatan dari Program Percontohan Kawasan Budidaya Perikanan 2015 yang telah dilaksanakan oleh BPBL Ambon. Kegiatan Temu Lapang ini bertujuan untuk memperoleh informasi terkait perkembangan kegiatan budidaya ikan konsumsi, ikan hias serta HSRT yang dilaksanakan oleh pembudidaya di sekitar perairan Teluk Ambon Dalam (TAD), selain itu dalam kegiatan temu lapang ini diharapkan adanya suatu kajian terhadap berbagai permasalahan yang dihadapi oleh para pembudidaya sehingga dapat diperoleh pemecahan masalah yang cukup efektif dan efisien. Disamping itu success story dari kegiatan percontohan ini dapat dijadikan sebuah motivasi antar kelompok pembudidaya untuk berkembang sehingga secara langsung dapat berpengaruh terhadap peningkatan kualitas SDM kelompok dan tentunya peningkatan kapasitas produksi, sehingga pengembangan usaha perikanan budidaya di teluk Ambon Dalam Kota Ambon dapat berkelanjutan.

Pada acara kegiatan Temu Lapang ini dihadiri oleh Kepala Bidang Budidaya, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku serta Kepala Bidang Pengelolaan Sumberdaya Perikanan, Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Ambon. Peserta kegiatan ini adalah Kelompok pembudidaya ikan di Teluk Ambon Dalam, kegiatan Temu Lapang akan diisi dengan kunjungan lapangan ke lokasi pembenihan skala rumah tangga pokdakan Bangau Desa Hunuth Durian Patah kecamatan Teluk Ambon Kota Ambon, kunjungan lokasi packing ikan hias Koperasi Karya Mina Bahari BPBL Ambon serta panen raya ikan kerapu di keramba jaring Apung milik kelompok pembudidaya ikan Roto Desa Waiheru Kecamatan Baguala Kota Ambon.

IMG_3428 IMG_3436 IMG_7219 IMG_7197 IMG_3455 IMG_3470IMG_3500 - Copy