Jakarta – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mendapatkan peringkat ketujuh dari 10 kementerian yang mendapat poin tertinggi untuk keterbukaan informasi publik. Penghargaan ini diberikan langsung oleh  Komisi Informasi Pusat (KIP) saat menyampaikan laporan penyelenggaraan kegiatan penganugerahan keterbukaan informasi badan publik tahun 2015.

Ketua Komisi Informasi Pusat (KIP), Abdulhamid Dipopramono mengungkapkan untuk penilaian dilakukan melalui empat tahap dimulai Oktober-Desember 2015. Penilaian dilakukan oleh tim dari KIP dengan indikator penilaiannya yaitu mengumumkan dan menyediakan informasi publik, melayani dan mengelola informasi publik.

“Ini menjadi parameter bahwa rata-rata tingkat keterbukaan informasi publik masih harus ditingkatkan,” kata Abdulhadi, dalam acara Penyerahan Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik, di Istana Negara, Jakarta, Selasa (15/12).

Penghargaan keterbukaan informasi  badan publik tahun 2015 ini diberikan langsung oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara kepada daerah, lembaga, atau badan publik lainnya yang mendapat poin tertinggi dalam keterbukaan informasi publik tersebut.

Adapun 10 kementerian yang mendapatkan poin tertinggi untuk keterbukaan informasi publik, yaitu Kementerian Keuangan, Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perhubungan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Pertanian, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian PAN dan Reformasi Birokrasi, serta Kementerian Sekretariat Negara.

Sementara untuk  daerah,  provinsi dengan poin keterbukaan informasi tertinggi adalah Aceh. Ada 10 daerah dengan nilai tertinggi terkait keterbukaan informasi, yaitu Aceh, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Barat, Jawa Tengah, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Banten, Sumatera Selatan, dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

Sumber : http://kkpnews.kkp.go.id