Jakarta – Sistem Informasi Nelayan Pintar yang merupakan quickwins program Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengalami peningkatan kapasitas dan kapabilitas. Peningkatan tersebut terlihat dengan ditambahnya parameter gelombang dan 17 pelabuhan perikanan.

“Sistem Informasi Nelayan Pintar pada tahun 2016 mengalami peningkatan kapasitas dan kapabilitas, dengan ditambahnya parameter gelombang dan 17 Pelabuhan Perikanan”, kata Kepala Bidang Pelayanan Teknis Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Laut dan Pesisir (P3SDLP) Widodo S. Pranowo di Jakarta, Rabu (6/1).

Angka tersebut sekaligus menambah jumlah pelabuhan yang masuk ke dalam daftar Sistem Informasi Nelayan Pintar menjadi 48 pelabuhan. Pada 2015, Sistem Informasi Nelayan Pintar dilaksanakan untuk 31 Pelabuhan Perikanan di seluruh Indonesia dengan parameter, yakni temperatur, hujan, dan angin.

Dari seluruh 17 pelabuhan tersebut, diutamakan berada pada wilayah perairan Indonesia Tengah dan Indonesia Timur, yakni PPP Muncar (Banyuwangi), PPI Dumai (Dumai), PPI Pulau Tiga (Natuna), PPI Bengkalis (Bengkalis), PPI Amurang (Minahasa Selatan), PPP Labuhan Lombok (Lombok Timur), PPP Kupang (Kupang), PPI Bulelelng (Buleleng), PPI Pontap (Palopo), PPI Labuhan Bajo (Manggarai Barat), PPI Lonrae (Bone), PPN Tual (Tual), PPI Manitinting (Halmahera Timur), PPI Sorong (Sorong), PP Merauke (Merauke), PPI Dufa-dufa (Ternate), PPI Wersar (Sorong Selatan).

Sistem Informasi Nelayan Pintar dibangun sesuai dengan program QuickWins KKP yang memperkaya informasi nelayan pada keadaan cuaca pada lokasi perairan yang dijadikan sebagai lahan mata pencaharian mereka sehari-hari. Sistem ini ditargetkan dapat melayani 100 Pelabuhan Perikanan hingga 2019.

Sistem ini diharapkan mampu digunakan semaksimal mungkin oleh nelayan untuk meningkatkan kesejahteraannya.

“Diharapkan kedepannya sistem ini dapat digunakan semaksimal mungkin oleh para nelayan, sehingga diperoleh hasil yang maksimal, serta memajukan kesejahteraan nelayan”, tutup Widodo.

 

Sumber : http://kkpnews.kkp.go.id