Perubahan tatanan global serta nasional yang berkembang dinamis menuntut percepatan pembangunan kelautan dan perikanan nasional secara nyata agar dapat menyesuaikan dan memenuhi tantangan lingkungan strategis yang bergerak cepat sehingga diperlukan pengembangan budidaya melalui penciptaan inovasi teknologi pengembangan budidaya laut. pembangunan kelauatan dan perikanan dilaksanakan dalam rangka mewujudkan empat pilar pembangunan, yaitu pro poor (pengentasan kemiskinan), pro job (penyerapan tenaga kerja), pro growth (pertumbuhan) dan pro environment (pemulihan dan pelestarian lingkungan).

 

Sehubungan dengan hal tersebut maka mengawali program kerjanya ditahun 2016 Balai Perikanan Budidaya Laut (BPBL) Ambon melaksanakan seminar internal pada tanggal 4 Januari 2016. Seminar internal diikuti oleh seluruh pegawai BPBL Ambon baik yang PNS maupun tenaga kontrak sementara sebagai narasumber adalah Kepala BPBL Ambon dan Kepala seksi/Kasubag serta kordinator. Menurut Kepala Sub Bagian Kepegawaian BPBL Ambon, Djafar Sidik, SE bahwa tujuan dari seminar internal ini untuk mengetahui dan mengevaluasi capaian kinerja tahun 2015 serta penetapan kinerja tahun 2016 masing-masing seksi atau divisi yang ada di BPBL Ambon. Sebagaimana diketahui bahwa jabaran distribusi capaian kinerja pegawai di BPBL Ambon didasarkan pada sistim penilaian kinerja pegawai secara nasional dimana target capaian kinerja pegawai dilakukan secara berjenjang dari level pimpinan tinggi sampai pada level pelaksana.

 

Berdasarkan hasil pemaparan dari para narasumber dapat diketahui bahwa dari segi produksi ada divisi yang melampaui target yang telah ditentukan dan ada divisi yang belum mencapai target yang ditentukan. Diantara divisi yang melampaui target tersebut adalah divisi pembesaran di Instalasi Masika Jaya Seram Bagian Barat yang ditarget memproduksi ikan konsumsi sebesar 2.000 kg pada akhir November 2015 berhasil memproduksi 3.027 kg ikan konsumsi sedangkan target yang belum tercapai di tahun 2015 adalah bibit rumput laut yang semula ditargetkan 5.000 kg namun diakhir November 2015 targetnya belum tercapai. Meskipun demikian menurut Kasubag Tata Usaha BPBL Ambon bahwa secara umum seluruh target kinerja tahun 2015 BPBL Ambon telah tercapai.

 

Pada kesempatan yang sama Kepala BPBL Ambon, Ir. Nono Hartanto, M.Aq menyatakan bahwa berkaca pada capaian hasil kinerja tahun 2015 maka telah ditetapkan target capaian kinerja tahun 2016. Selain berdasarkan pada capaian target tahun 2015 penetapan rencana capaian target kinerja BPBL ambon 2016 merupakan jabaran target capaian kinerja Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan. Nono Hartanto sangat optimis bahwa target capaian kinerja di tahun 2016 dapat direalisasikan karena target tersebut didukung oleh anggaran, sarana produksi dan sarana fisik lainya pada DIPA BPBL Ambon tahun 2016. Nono Hartanto berharap agar para kasie/kasubag dan kordinator di BPBL Ambon dapat menindaklanjuti target capaian kinerja ini dengan mengkosolidasi pelaksana dibawahnya, dapat berkreasi dan berinovasi guna membuat strategi aplikatif dalam merealisasikan target capain kinerja yang telah ditetapkan.

419101115