Jakarta – Indonesia memperkuat kerja sama di bidang kelautan dan perikanan dengan Hungaria. Hal tersebut tertuang dalam penandatanganan nota kesepahaman antara Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Susi Pudjiastuti dan Menteri Pertanian Hungaria Sandor Fazekas dihadapan Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Hungaria di Istana Negara Jakarta, Senin (1/2).

Penandatangan tersebut merupakan peningkatan komitmen  kerja sama yang terjalin antar dua negara. Nota kesepahaman fokus pada pengembangan budidaya perikanan berkelanjutan, pertukaran informasi akses pasar produk perikanan, penelitian dan pengembangan, serta peningkatan kapasitas melalui joint training, pertukaran ahli dan staf.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mendorong agar implementasi dari nota kesepahaman tersebut segera dilaksanakan secara konkrit. Hal iniguna  mendukung upaya-upaya inovasi dan perbaikan dalam manajemen tambak, pakan ikan dan peningkatan aplikasi teknologi pemantauan kesehatan lingkungan, serta menjaga dan meningkatkan akses pemasaran ikan hias.

“Harus dilakukan secepatnya, supaya ada perbaikan dalam manajemen tambak, pakan ikan dan teknologi pemantauan. Selain itu juga dapat meningkatkan akses pemasaran, khususnya bagi ikan hias”, jelas Susi.

Pasca penandatanganan, Menteri Kelautan dan Perikanan RI dan Menteri Pertanian Hungaria melakukan pertemuan bilateral di kantor KKP pada Senin 1 Februari 2016 pukul 15.00 Wib hingg selesai membahas way forward kerja sama, antara lain peluang investasi, akses pasar produk perikanan dan riset perikanan.

 

 

Sumber : kkp.go.id