Jakarta – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan bahwa pemerintah akan membantu penuh dalam menghadapi tuntutan Yotin Kuarabiab, pemilik Kapal Motor atau Motor Vessel (MV) Silver Sea II.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan bahwa pemerintah dalam hal ini pihak Istana Kepresidenan akan membantu penuh Kementerian  Kelautan dan Perikanan (KKP).

“Apapun kebijakan yang sudah diambil oleh Bu Susi tentunya pemerintah mendukung sepenuhnya,” kata Pramono, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (2/2).

Pemerintah akan sepenuhnya mendukung termasuk jika Menteri Susi membutuhkan Pengacara dalam Somasi yang di tujukan Yusril Ihza Mahendra kepada KKP. Somasi itu pada intinya menyampaikan bahwa proses pemeriksaan/penyidikan berjalan lambat sehingga mengakibatkan kerugian bagi kliennya, Yotin Kuarabiab, pemilik MV Silver Sea II.

Menurut Yusril, lambatnya proses pemeriksaan tersebut melanggar Pasal 73 B ayat 6 Undang-Undang Nomor 45 Tahun 2009 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2004 tentang Perikanan (UU Perikanan).

Pihak KKP menjawab somasi itu dan menekankan bahwa proses penanganan kasus pelanggaran hukum yang dilakukan MV Silver Sea II tidak berjalan lamban sebagaimana yang ditudingkan pihak Yusril.

 

Sumber : kkp.go.id