Bogor – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui unit kerja Badan Penelitian dan Pengembangan Kelautan dan Perikanan (Balitbang KP) mengadakan Bimbingan Teknis Open Journal System (OJS) yang berlangsung selama dua hari, 12-13 Februari 2016 di Bogor. Bimtek dilaksanakan guna meningkatkan kualitas pengelolaan jurnal di lingkup

Terbitnya Peraturan Kepala LIPI No. 3 Tahun 2014 (Pedoman Akreditasi Terbitan berkala Ilmiah) dan Perdirjen DIKTi No. 1 Tahun 2014 tentang Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah elektronik telah menyepakati adanya instrument baru dalam sistem pengakreditasian jurnal ilmiah. Jurnal yang dapat dikareditasi hanyalah jurnal yang pengelolaannya dalam bentuk elektronik.

Selain itu, untuk mendapatkan indeksasi ke pengindeks bereputasi internasional, terbitan berkala ilmiah harus memiliki kriteria tersendiri berkaitan dengan jurnal internasional yang diakui oleh lembaga pengindeks internasional salah satunya adalah terbitan berkala ilmiah harus di dapat diakses secara online, melihat urgensi dan dalam rangka mempersiapkan jurnal – jurnal yang terdapat di Balitbang KP menuju  e – journal, dan  mempersiapkan aplikasi tersebut yang dapat diakses melalui alamat domain http://ejournal-balitbang.kkp.go.id/.

Dalam pertemuan Bimbingan Teknis Bimbingan Teknis Open Journal System telah diinisasi awal pada bulan Desember tahun 2015, terkait kegiatan Bimtek OJS tahap awal dengan telah melakukan beberapa pelatihan mulai dari Trial aplikasi OJS melalui local content sampai dengan pencantuman domain ejournal-balitbangkp.kkp.go.id, Set upadmin jurnal, pembuatan rumah jurnal masing – masing satker dalam mengisi jurnal, dan pengisian konten jurnal.

Pelaksanaan kegiatan kedua ini,diharapkan agar pengelola jurnal dapat lebih belajar secara intensive terkait manajemen pengelolan jurnal secara online, Dan diharapkan hasil karya ilmiah Balitbang KP dapat terpublikasi secara nasional bahkan sampai internasional.

 

Sumber : http://kkp.go.id