Jakarta – Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti mengutarakan pertumbuhan perikanan Indonesia yang luar biasa dalam satu tahun terakhir. Hal ini disampaikannya pada kegiatan Retreat Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di hari pertama, Senin (22/2).

“KKP dengan segala yang kita usahakan dalam satu tahun terakhir, perikanan Indonesia mengalami pertumbuhan yg luar biasa. Kuartal terakhir mencapai 8,96 persen,” ujar Susi di Ballroom Hotel Century, Jakarta saat memberi arahan dihadapan para pejabat dan pegawai Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM), Senin (22/2).

Lebih lanjut Susi menjelaskan bahwa meskipun perikanan Indonesia tumbuh sangat pesat dalam satu tahun terakhir, ternyata hal ini menimbulkan dampak negatif bagi negara-negara lain. Thailand mengalami defisit sebesar minus 3,1 persen dan Cina minus 4,5 persen.

“Apa yang kita lakukan membuat kita tumbuh hebat tapi ternyata menjadi pil pahit bagi negara lain. Itulah cara memenangkan kompetisi tanpa harus menggunakan senjata,” ujar Susi.

Dalam retreat hari pertama ini, Susi mengutarakan harapannya agar retreat kali ini menjadi sarana bagi para pegawai KKP untuk saling brain storming terkait pelaksanaan program KKP.

“Acara retreat hari pertama ini kita mengadakan brain storming untuk mengevaluasi apa yang sudah kita kerjakan tahun kemarin dan me-review apa yang kita akan kerjakan tahun ini. Nanti di akhir acara, kita juga akan brainstorming apa yang kita akan lakukan tahun depan,” jelas Susi.

 

 

Sumber : www.kkp.go.id