Jakarta – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menargetkan penyelesaian program berjalan tahun 2016  pada akhir November. Target ini lebih cepat dari sebelumnya, dimana penyelesaian pengerjaan program biasanya selesai di akhir Desember 2016.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Jenderal KKP Sjarief Widjaja saat membuka kegiatan Retreat di hari ke 3, bertempat di Meeting Room Hotel Century Park Jakarta, Rabu (24/2).

“Pengerjaan program berjalan harus selesai pada 30 November. Saya ulangi harus 30 November. Jadi kita harus menyelesaikan paradigma program berjalan akhir November 2016”, jelas Sjarief.

Dipercepatnya penyelesaian program, lanjut Sjarief, agar akhir tahun tidak ada lagi kerjaan. Menurutnya, bulan Desember dapat dijadikan sebagai rentang waktu untuk koreksi dan evaluasi pengerjaan program yang diselesaikan pada November.

“Sekarang sibuknya bukan Desember lagi, jadi mungkin November. Desember jadi sudah ga ada kerjaan. Desember hanya untuk membaca ulang atas pengerjaan. Cek dan ricek lagi”, lanjut Sjarief.

Di hari ketiga Retreat ini, Sjarief juga menegaskan acara Retreat akan dilakukan dalam tiga kali setahun. Pertama pada Februari 2016, yang kedua pada Juni 2016 dan ketiga akan dilakukan pada Desember 2016.

“Prinsipnya untuk melihat kinerja kita selama 6 bulan sekali. Semuanya demi pemantauan agar tepat sasaran dan tepat penggunaannya”, ungkap Sjarief.

Sebelumnya, pada Retreat hari pertama, Menteri Susi mengarahkan para pegawai terkait perencanaan program KKP ke depannya. Ia menjelaskan, Retreat ini bukan hanya untuk membuat perencanaan program, melainkan juga untuk mengevaluasi program kerja yang sudah dilaksanakan. Sehingga nantinya, kinerja KKP dapat menjadi contoh bagi aparatur sipil negara lainnya.
Sumber : kkpnews.kkp.go.id