Jakarta – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan di era pemerintahan saat ini, bukan saatnya untuk menerapkan sikap birokratik pada karyawannya. Susi pun memberi nama ritme kerja di kementeriannya sebaiknya menjadi birocreativity, yang berarti biro kreatif, birokrasi yang bekerja dengan kreatif, menciptakan ide-ide besar dan menjadi unggulan.

“Kita ini birocreativity ya. Jadi menurut saya birokratik itu kata dasarnya birocreativity. Biar kita semua kreatif menciptakan ide-ide. Birokrasi yang kreatif, bukan birokratik”, ungkap Susi saat memberi pengarahan di depan karyawan PDSPKP dan Balitbang KP, pada hari ke lima Retreat di Meeting Room Hotel Atlet Century Jakarta, Jumat (26/2).

Menteri Susi juga menyampaikan, bagi karyawan jangan ragu untuk memberikan masukan maupun laporan jika ada penyelewangan yang terjadi di lingkup kerjanya.

“Siapa yang eselon 2 nya sering ngomel karena anda salah (melaporkan keburukan pada Susi -red) lapor saya. Biar saya urus”, tegas Susi.

Susi menegaskan, saat ini bukan zaman feodalisme, dimana semuanya harus berpusat pada penguasa. Dia pun menginginkan setiap karyawan KKP harus memiliki jiwa kepemimpinan.

“Eselon tiga, dua, satu duduk bersama. Kita bangun semua karyawan punya leadership dan bekerja dalam kebersamaan. Kita harus menjadi orang yang mandiri dan memiliki jiwa kepemimpinan”, jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Susi juga kembali mengingatkan pada karyawan Balitbang KP, pentingnya istilah 3K yang harus diaplikasikan dalam kinerja KKP. Yakni Komunikasi, Koordinasi dan Kerja sama.

“Kita butuh 3K. Komunikasi, Koordinasi, Kerja sama. Harus tau kerja yang di sebelah kita apa. Litbang juga harus tau kerja dirjen lain. Karena anda risetnya bukan robot, tapi manusia. Anda harus berikan ijin. Upgrade your knowledge”, pungkasnya.

Sumber : kkp.go.id