Jakarta – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengawal pembentukkan karakter pada karyawannya dengan menggelar Workshop Budaya Integritas KKP. Hal ini bertujuan agar terwujudnya integritas dan akuntabilitas para pejabat di lingkungan KKP.

Workshop ini membangun integriti agar karyawan memakai integritasnya dan akuntabilitinya dalam bekerja. Mereka akan diberi pengarahan dari KPK”, ujar Susi usai membuka acara Workshop Integritas KKP di kantornya, Senin (29/2).

Menteri Susi yang didampingi Wakil Ketua KPK, Thony Saut Situmorang, juga menjelaskan karakter karyawan KKP haruslah profesional yang berintegritas.

“Dengan adanya workshop seperti ini bagus. Kita akan memiliki profesional yang berintegritas”, lanjutnya.

Pembangunan karakter pada karyawan lingkup KKP, sekaligus mengawal revolusi karakter bangsa Indonesia agar mampu bersaing dengan negara lain. Menteri Susi menjelaskan, indikator terpenting dalam pembangunan karakter ialah smart, akuntabel, integritas dan loyalitas.

Smart artinya pandai dan cerdas untuk mencurahkan kemampuan dan pengetahuan untuk berkontribusi dalam membangun sektor kelautan dan perikanan. Akuntabel artinya setiap perbuatan dan tindakannya dalam melaksanakan tugas-tugas kedinasan dapat dipertanggungjawabkan”, urainya.

Adapun integritas tinggi berarti jujur, disiplin, konsisten, dapat dipercaya, bertanggungjawab, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur dan norma-norma, serta selaras antara pikiran, ucapan dan tindakannya. Sedangkan loyalitas yang tinggi maksudnya adalah bersedia mengutamakan kepentingan organisasi dibandingkan kepentingan pribadi maupun golongan.

“Saya meminta perhatian kepada saudara-saudara agar menumbuhkan semangat Revolusi Mental di jajaran unit kerja saudara agar dapat menumbuhkan budaya birokrasi yang profesional, transparan, partisipatif, akuntabel dan memiliki kredibilitas yang didasari etika, serta integritas pengabdian yang tinggi sehingga dapat memberikan pelayanan masyarakat yang lebih baik di sektor kelautan dan perikanan”, lanjut Susi.

Sementara itu, Wakil Ketua KPK, Thony Saut Sitomorang optimis, bahwa perubahan yang lebih baik dapat dilakukan oleh seluruh kementerian, salah satunya adalah KKP.

“Perubahan bisa dilakukan di kementerian ini. Di dalamnya terkait dengan integritas KKP”, ungkap Saut.

Workshop Budaya Integritas KKP akan digelar selama dua hari, yakni pada 1 hingga 2 Maret 2016. Workshop ini bertujuan untuk menumbuhkan kembali semangat karyawan lingkup KKP untuk membangun integritas dalam menjalankan roda pemerintahan khususnya sektor kelautan dan perikanan.

 

 

Sumber : kkpnews.kkp.go.id