Jakarta – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap (DJPT) menggelar Rapat Koordinasi Bantuan Sarana Penangkapan Ikan, guna membahas usulan, verifikasi, validasi hingga penetapan calon penerima bantuan.

Plt. Direktur Jenderal Perikanan Tangkap Zulficar Mochtar mengatakan pihaknya telah melakukan identifikasi calon penerima bantuan sarana penangkapan ikan.

“Calon penerima bantuan sarana penangkapan ikan adalah kelompok masyarakat berbadan hukum koperasi atau kelompok masyarakat hukum adat yang memiliki unit usaha penangkapan ikan berbadan hukum koperasi. Ini merupakan kriteria mendasar yang harus dipenuhi. Oleh karena itu, DJPT juga telah berkoordinasi dengan Kementerian Koperasi dan UKM”, ungkap Zulficar saat konferensi pers pada Rakornas di Gedung Mina Bahari II Jakarta, Kamis (21/7).

Zulficar menambahkan bantuan sarana penangkapan ikan diharapkan dapat dimanfaatkan oleh penerima bantuan untuk meningkatkan produktivitas penangkapan dan mutu hasil tangkapan sehingga pendapatan nelayan dapat meningkat.

Selain itu, bantuan sarana penangkapan ikan ini juga diharapkan dapat memperkuat armada perikanan tangkap nasional dengan jumlah kapal perikananan yang berkualitas dan bersertifikat.

“Kapal perikanan yang nantinya diberikan kepada nelayan akan diasuransikan karena kapalnya ada sertifikasi dari Biro Klasifikasi Indonesia (BKI),” lanjutnya.

Pemberian bantuan secara tepat sasaran sebagai program prioritas tahun 2016 dapat tepat sasaran diberikan kepada stakeholders perikanan. Hal ini sejalan dengan Menteri Kelautan dan Perikanan yang disampaikan pada pembukaan Retreat, periode 2 pada Juni lalu .

“Saya ingin bantuan tepat sasaran. Tidak ada karyawan yang bermain, stakeholder yang menyalahgunakan. Semua harus turun langsung ke lapangan untuk check dan re-check.”, ujar Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti saat pengarahan kepada seluruh pegawai di lingkup KKP.

Nantinya,  daftar calon penerima bantuan tersebut nantinya akan dipublikasikan melalui website KKP dan DJPT untuk mendapat respon dari berbagai pihak tentang kesesuaian calon penerima. Sehingga bantuan sarana penangkapan ikan ini dapat bermanfaat secara optimal.

Sumber : http://news.kkp.go.id