JAKARTA — Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bakal mengembangkan tempat pelelangan ikan di kawasan Muara Baru, Jakarta Utara, agar lebih modern sehingga seluruh nelayan bisa melabuhkan muatannya di sana.

“Kami akan bangun Muara Baru mencontoh Tsukiji (pasar lelang terbesar di Jepang),” kata Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di Jakarta, Selasa (26/7).

Dengan pembangunan dan pengembangan tempat pelelangan ikan di utara Ibu Kota itu, ujar dia, diharapkan semua kapal yang masuk membongkar muatan ikannya di pelelangan. “Sekarang kapal penangkap ikan masuknya ke gudang masing-masing,” katanya.

Dia juga menyorot praktik sewa lahan berhektare-hektare di Muara Baru yang dinilai tidak masuk akal. Menteri Susi mengharapkan dengan pengembangan dan pengaturan pelelangan ikan yang lebih baik, maka juga akan menambah pemasukan bagi pemerintah seperti meningkatkan PNBP.

“Kami ingin memperbaiki iklim kondisi perikanan yang lebih baik, yang tidak lagi dimonopoli oleh segelintir pengusaha,” katanya.

 

 

SUMBER : REPUBLIKA.CO.ID