BPBL, Ambon. Balai Perikanan Budidaya Laut (BPBL) Ambon melalui kegiatan perekayasaan tahun 2016 berhasil melakukan pemijahan secara buatan ikan hias laut Blue Tang (Paracanthurus Hepatus). Kordinator perekayasa BPBL Ambon, Narulita Ely menuturkan bahwa uji coba pemijahan ikan blue tang mulai dilakukan pada kegiatan perekayasaan BPBL Ambon sejak tahun 2014 yang diawali dengan kegiatan domestikasi calon induk dimana calon induk diambil dari alam yakni di sekitar perairan laut Provinsi Maluku. Selanjutnya calon induk ini di pelihara di keramba jaring apung. Selama kurun waktu 2014 – 2015 tim perekayasa BPBL Ambon telah melakukan perekayasaan berbabagai aspek dari ikan blue tang sehingga baru Di tahun 2016 inilah pemijahan ikan blue tang secara buatan dapat dilakukan.

Sementara itu pemimpin tim perekayasa pemijahan ikan blue tang BPBL Ambon Doni G Pattipeilohy menambahkan bahwa pemijahan ikan blue tang terjadi pada tanggal 29 Juli 2016 pagi dengan jumlah telur yang dihasil sebanyak 40 ribu butir telur. Kami berharap agar dapat terus memproduksi telur ikan blue tang ini secara sinambung dan akan terus berusaha dengan keras agar hasil pemijahan ini dapat  menghasil benih blue tang. Pengakuan Pattipeilohy, bisa jadi ini merupakan ikan blue tang dipijahkan secara buatan.

Narulita Ely dan Pattipeilohy berharap dengan adanya keberhasilan ini dapat menambah variasi ikan hias laut yang telah dikembangkan oleh BPBL Ambon sehingga dapat mengurangi over eksploitasi ikan hias laut di alam. (rr-ut)