Jakarta – Pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) kembali mengambil langkah untuk menghadapi persaingan dan perdagangan di kawasan negara-negara ASEAN yang semakin meningkat. Salah satu langkah yang diambil KKP yaitu melalui peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM), termasuk pelatihan dan sertifikasinya.

Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Pengembangan SDM dan Pemberdayaan Masyarakat Kelautan dan Perikanan (BPSDMP KP) KKP, Rifky Effendi Hardijanto pada pertemuan dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Kelautan dan Perikanan (LSP-KP), industri kelautan dan perikanan, lembaga pendidikan, dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) KKP di Jakarta, Senin (8/8).

“Pada era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) saat ini, terdapat beberapa permasalahan pokok SDM Indonesia, termasuk di sektor kelautan dan perikanan. Kualitas SDM Indonesia perlu ditingkatkan dan masih belum merata,” ujar Rifky.

Rifky juga menambahkan beberapa permasalahan lain di antaranya masih tingginya kesenjangan antara lulusan di Indonesia bagian barat dan timur; tingkat pendidikan rendah; tren pengangguran terbuka bergeser dari angkatan kerja berpendidikan rendah menjadi berpendidikan tinggi; status pekerjaan utama didominasi pekerja informal; belum semua industri merekrut SDM berbasis kompetensi; serta keterbatasan lapangan kerja dan masih rendahnya wirausaha.

“Salah satu solusi dalam memecahkan permasalahan tersebut adalah melalui pelatihan berbasis kompetensi untuk menghasilkan SDM terlatih guna mendukung industri kelautan dan perikanan. Setelah itu, lulusan pelatihan juga perlu diuji kompetensinya dan disertifikasi. Tak hanya untuk menghasilkan tenaga kerja kompeten, tapi juga untuk mengembangkan wirausaha” tambah Rifky.

Rifky juga menilai bahwa sertifikasi memiliki banyak manfaat. Berdasarkan data LSP-KP, hingga saat ini telah disertifikasi sebanyak 44.100 tenaga kerja dan calon tenaga kerja kelautan dan perikanan, yang dilaksanakan oleh 1.646 asesor di 48 tempat uji kompetensi.

Untuk memperkuat SDM kelautan dan perikanan yang memiliki kompetensi sesuai dengan kebutuhan, LSP-KP berperan secara aktif melalui kegiatan peningkatan kualitas dan kemampuan profesionalisme SDM.

“Dalam rangka penyiapan SDM kelautan dan perikanan untuk memiliki kompetensi tertentu di bidang kelautan dan perikanan, KKP mendukung penuh langkah-langkah LSP-KP yang bersama KKP, industri kelautan dan perikanan, serta lembaga pendidikan dan pelatihan bahu-membahu dalam mencetak SDM kompeten yang tersertifikasi, guna menghasilkan tenaga kerja dan wirausaha yang profesional,” ujar Rifky.

 

Sumber : news.kkp.go.id