Ambon, Balai Perikanan Budidaya Laut (BPBL) Ambon pada tahun 2016 ini menambah lagi satu jenis komoditas ikan laut yang dibudidaya dengan memproduksi benih kuwe atau ikan bubara. Hal itu disampaikan oleh Kepala BPBL Ambon Tinggal Hermawan, M.Si, Kamis, 13 Oktober 2016. Lebih lanjut dikatakan Tinggal Hermawan bahwa keberhasilan ini merupakan yang pertama kali dilakukan di Indonesia, mengingat selama ini budidaya ikan kuwe di Indonesia tergantung pada benih hasil tangkapan dialam. Hal ini menjadi kendala tersendiri dalam kegiatan budidaya ikan kuwe. Padahal sebagaimana diketahui lanjut Tinggal Hermawan, ikan kuwe merupakan salah satu ikan laut primadona bagi masyarakat Indonesia.

Ditempat terpisah Narulitta Ely perekayasa yang menangani kegiatan produksi benih ikan kuwe menyatakan bahwa sampai saat ini BPBL Ambon telah berhasil memproduksi lebih kurang 20.000 ekor benih ikan kuwe ukuran 4-5 cm.   Jumlah produksi diatas merupakan hasil produksi benih ikan kuwe yang kedua BPBL Ambon setelah sebelumnya memproduksi hanya 1000 ekor benih.

Tinggal Hermawan berharap bahwa produksi ikan kuwe ini dapat diproduksi secara massal dan berkesinambungan sehingga dapat membantu mengatasi keterbatasan benih yang dibutuhkan oleh pembudidaya di Indonesia.

 

 

RR-SI