Kayong Utara – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) meraih Juara III Stand Terbaik di Pameran Sail Karimata. Pameran tersebut merupakan rangkaian acara Sail Karimata yang diselenggarakan di Kayong Utara, Kalimantan Barat 12 – 15 Oktober 2016.

Sebanyak kurang lebih 120 stand diundang untuk mengisi acara yang sangat potensial mendatangkan wisatawan lokal maupun internasional tersebut. KKP memamerkan produk-produk hasil tangkapan Unit Pelaksana Teknis (UPT).

Terdapat 8 UPT yang mengikuti pameran tersebut, yaitu PPS Bitung, PPN Brondong, PPN Kwandang, PPN Ambon, PPN Pemangkat, PPS Kendari, PPP Teluk Batang, dan BBPI Semarang.

Sail Karimata merupakan salah satu bentuk upaya Pemerintah dalam meningkatkan percepatan pembangunan daerah tersalurkan. Acara ini terselenggara untuk mengangkat potensi wisata bahari dan potensi lokal di Kalimantan Barat.

“Kayong Utara diharapkan dapat menjadi destinasi wisata yang baru di Kalimantan Barat. Selain itu, pameran pembangunan daerah bisa meningkatkan posisi Indonesia di mata dunia internasional,” ujar staf ahli menteri KKP Aryo Hanggono saat mengunjungi stand KKP di Pameran Sail Karimata.

Sail Karimata menjadi acara yang tepat untuk memberikan informasi dan pengetahuan kepada masyarakat lokal maupun mancanegara terkait keberhasilan hasil tangkapan Indonesia.

Aryo menambahkan, momen Sail Karimata ini diharapkan dapat terus terasa walaupun telah selesai. “Diharapkan geliat pariwisata di Kayong Utara dapat meningkat dan produksi ikan semakin baik bagi masyarakat Kayong Utara yang mayoritas penduduknya memiliki mata pencaharian sebagai nelayan,” ujar Aryo.

Acara Sail selanjutnya akan diselenggarakan di Sumba, Aceh. Dalam kesempatan yang sama, Aryo juga berharap acara Sail selanjutnya di Sumba, Aceh dapat terlaksana dengan lancar dan tanpa kendala.

 

Sumber : news.kkp.go.id