Ponorogo – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiatuti hari ini, Kamis (17/11) mengunjungi Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur untuk memberikan kuliah umum dihadapan ratusan mahasiswa Universitas Darussalam (UNIDA) di Kampus UNIDA Gontor, Ponorogo. Dalam kuliahnya, Susi menanamkan semangat untuk para mahasiswa, khususnya pemuda pemudi Islam, untuk terus menuntut ilmu dan mengembangkan pengetahuan.

“Keterbukaan pengetahuan itu sangat penting, terlebih dalam mengembangkan cara dan pola (pikir). Itu adalah cara untuk menjadi idealis, mencari whats is the right? Who is the best?”, ungkap Susi saat menyampaikan kuliah umum di Kampus UNIDA Gontor, Ponorogo, Kamis (17/11).

Dalam kesempatan tersebut, Susi mengapresiasi para santri dan mahasiswa UNIDA Gontor yang selama ini telah mencerminkan sosok muslim yang modern dan berahlak. “Saya pikir sebelumnya santri ponpes itu ortodoks dan tertutup, kemudian juga tidak punya wawasan ke depan. Tapi di sini sepertinya, semua sudah melanglang buana, dan menerapkan teknologi yang logis, masuk akal, dan modern, very independent. Itu yang penting dan sangat dibutuhkan sekarang ini, untuk mengubah persepsi dan tentunya pendapat dunia kepada Islam”, terang Susi.

Ia pun berpesan, sebagai bangsa Indonesia, dimana mayoritas beragama Islam, mahasiswa harus dapat menjadi bangsa yang mandiri dan tentunya harus diiringi dengan kerja keras yang amanah. “Kerja keras itu harus dengan kesenangan dan nyaman. Kalau anda mau kerja, mau produktif, tapi tidak senang, ya tidak bisa. Saya punya keyakinan kalau kita tidak happy, you’re not productive anything. Untuk bekerja dengan produktifitas tinggi, speed tinggi, go anywhere you want, take anything you need. Get everything, karena kita juga gak bisa amanah, kalau gak happy“, ungkap Susi.

Dalam kesempatan yang sama juga dilakukan penandatangan kesepakatan bersama antara Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dengan UNIDA tentang Pendidikan, Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat di Bidang Kelautan dan Perikanan, serta pertemuan dengan para pimpinan pondok pesantren Modern Gontor, yakni Dr. KH. Abdullah Syukri Zarkasyi, M.A, KH. Hasan Abdullah Sahal dan KH. Syamsul Hadi Abdan.

 

Sumber : news.kkp.go.id