Ambon (16/4), Balai Perikanan Budidaya Laut Ambon berkesempatan menjadi salah satu tujuan kunjungan kerja Ms. Hilal Elver, Pelapor Khusus Hak atas Pangan Dewan HAM PBB di Maluku. Dalam kegiatan kunjungan kerja tersebut, tim KKP diketuai oleh Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, Bpk Nilanto Perbowo.

Rombongan diterima di BPBL Ambon oleh Direktur Perbenihan, Coco Kokarkin Soetrisno dalam paparannya mengatakan bahwa peran aktif BPBL Ambon dalam menunjang ketersediaan pangan terutama bidang perikanan laut dituangkan dalam beberapa program prioritas. Program yang digulirkan kepada masyarakat khususnya masyarakat di Maluku antara lain program bantuan benih ikan serta rumput laut kultur jaringan.

               Lebih lanjut Coco menjelaskan, untuk menjawab isu terkait kebijakan pemenuhan atas pangan, dan ketersediaan pangan, Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya melalui Balai Perikanan Budidaya Laut Ambon senantiasa berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat khususnya di Maluku dan wilayah kerja lainnya terutama dalam hal pemenuhan benih ikan konsumsi seperti ikan Kakap Putih, Bubara/Kuwe. Dengan adanya bantuan ini diharapkan terbentuk pembudidaya yang mandiri, dan sejahtera dan tentunya kebutuhan pangan terutama ikan akan tercukupi.

               Dalam kesempatan kunjungan kerja kali ini, Ms Hilal Elver, Dirjen PDSKP Nilanto Perbowo, berkesempatan melakukan dialog interaktif dengan La Musu  dan La Madi seorang pembudidaya di Teluk Ambon. Pada dialog tersebut La Musu mengatakan bahwa usaha budidaya yang dijalaninya telah berjalan lebih dari 8 tahun, dan kegiatan budidaya dirasa sangat menguntungkan. Saat ini La Musu memiliki beberapa unit KJA dengan komoditas budidaya yang diperlihara Kakap Putih, Bubara dan Kerapu, bahkan saat ini perkembangan kelompok pembudidaya sudah merambah pada usaha budidaya ikan hias. “Dengan usaha budidaya, konsumsi ikan menjadi lebih baik”, jelasnya.

La Musu dan La Madi adalah contoh sosok pembudidaya yang cukup konsisten dalam menjalankan usaha budidaya, keberhasilan ini tentunya tidak lepas dari peran serta Dinas KP Provinsi, Dinas KP Kota Ambon dan BPBL Ambon dalam melakukan pendampingan dan pembinaan sehingga kegiatan budidaya di Teluk Ambon dapat berkembang dengan baik.

               Naiknya nilai produksi budidaya tentunya diharapkan mampu meningkatkan tingkat kesejahteraan pembudidaya, meningkatkan kemampuan daya beli sehingga kebutuhan pangan, ketersediaan pangan dan kelayakan pangan masyarakat pembudidaya khususnya jenis ikan laut dapat terpenuhi dan terjamin.